Jenis Pengecoran Logam dan Pengertiannya

Jenis Pengecoran Logam dan Pengertiannya

Jenis Pengecoran Logam dan Pengertiannya – Logam merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam dunia industri baik untuk pembangunan, permesinan maupun untuk industri lainnya. Pada kesempatan kali ini Admin ingin menginformasikan tentang jenis pengecoran logam dan juga pengertianya oleh karenanya silahkan di simak ya : )

Pengecoran logam adalah suatu proses peleburan logam dengan cara di lelehkan atau di leburkan dan dapat di cetak sesuai dengan cetakannya. Pengecoram logam ini pun mempunya beraneka ragam jenis yang dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis tersebut antara lain sebagai berikut ini :

Beberapa jenis casting yang berbeda
Jenis pengecoran logam ini mempunyai : cetakan dibuang terbuat dari pasir, plester, atau sejenisnya, dan hanya dapat digunakan untuk menghasilkan satu pengecoran logam karena cetakan harus dihancurkan untuk menghapus pengecoran. Cetakan permanen dapat digunakan untuk membuat banyak coran karena biasanya terbuat dari logam atau keramik tahan api, dengan bagian yang dapat membuka atau menutup untuk memungkinkan pengecoran dihilangkan.

Pengecoran Cetakan Pasir
Ada beberapa jenis pengecoran nonpermanen/cetakan sekali pakai dan juga adapula jenis cetakan yang bisa digunakan kembali (permanen) . Pengecoran pasir merupakan jenis yang paling umum, karena hampir semua pengecoran logam dapat diproduksi menggunakan metode ini. Pengecoran pasir dapat membentuk dalam beraneka ukuran dan digunakan untuk membuat berbagai produk, adapan dengan lain adalah jensi pengecoran pasir ini tidak mahal.

Pengecoran Cetakan Plester
Pengecoran cetakan plester merupakan proses pengecoran yang mirip dengan pengecoran pasir, dengan plester Paris digunakan sebagai pengganti pasir untuk membuat cetakan. Jenis lain dari pengecoran cetakan yang dapat dibuang termasuk: pengecoran cetakan keramik (memungkinkan bahan untuk dilemparkan pada suhu yang jauh lebih tinggi); casting cetakan shell (sangat cocok untuk coran baja); pengecoran vakum (juga dikenal sebagai proses V, yang menggunakan pasir tanpa uap air dengan rongga internal cetakan dipegang menggunakan vakum); diperluas casting polystyrene (cetakan pasir dikemas di sekitar pola polystyrene); sekarang ini banyak perusahaan jasa pengecoran logam yang menjual tiang lampu antik , dan juga barang barang hasil pengecoran lainnya.

Bila menggunakan cetakan permanen merupakan istilah yang menjelaskan semua jenis cetakan permanen. Bagian cetakan biasanya terbuat dari balok logam yang saling menyatu, memungkinkannya dibuka dan ditutup dengan mudah dan dengan akurasi. Meskipun membuat cetakan bisa mahal, namun dapat digunakan puluhan ribu kali, membuatnya cocok untuk produk seperti peralatan dapur.

Demikian Jenis Pengecoran Logam dan Pengertiannya yang bisa admin sampaikan.

semoga dapat bermanfaat ya